Breaking News

PELATIHAN RESKILLING DAN KEMITRAAN WIRAUSAHA DALAM RANGKA PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT DAMPAK PANDEMI COVID-19

        Pandemi Covid-19 yang meluas pada awal tahun 2020 sampai dengan saat ini telah menciptakan pengaruh pada setiap aspek kehidupan. Tidak luput dari kondisi perubahan dimaksud, kondisi Kota Palangka Raya sampai dengan saat ini tidak luput dari dampak Pandemi Covid-19 tersebut.

         Berdasarkan data media center gugus tugas Covid-19 Kalteng di Kota Palangka Raya sampai dengan tanggal 18 Juli 2020 terkonfirmasi sebanyak 495 orang pasien yang telah dinyatakan positif mengidap Covid-19 dan 39 orang meninggal akibat virus tersebut. salah satu upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mengurangi laju penyebaran penyakit tersebut yakni dengan mengeluarkan Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 7 Tahun 2020 tentang pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Kota Palangka Raya yang mana salah satu tujuan penetapan peraturan dimaskud yakni untuk membatasi kegiatan tertentu dan pergerakan orang dan/atau barang dalam menekan penyebaran Covid-19 (pasal 3 huruf a)

      Salah satu konswekwensipembatasan kegiatan dan pergerakan orang dan/ atau barang tersebut yakni menurunnya laju pertumbuhan perekonomian, Dinas Tenaga Kerja mencatat sebanyak 1.877 orang tenaga kerja di Kota Palangka Raya mengalami pemutusan hubungan kerja dan dirumahkan akibat / berkurangnya aktifitas perekonomian di Kota Palangka Raya.

         Dalam rangka mengatasi permasalah perekonomian dan ketenagakerjaan tersebut, maka Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya melakukan upaya strategis menyelenggarakan Program Reskilling dan Kemitraan Wirausaha sebagai langkah riil dalam penanganan pemulihan perekonomian terdampak pandemi Covid-19 di Kota Palangka Raya. Adapun kejuruan pelatihan yang akan diselenggarakan dan dimitrakan yakni Kejuruan Menjahit, Otomotif Roda 4, Refrigeration (Pendingin), dan Teknisi Komputer.

        Program Reskilling dan Kemitraan Wirausaha ini dimaksudkan adalah sebagai salah satu langkah strategis Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menangani permasalahan-permasalahan perekonomian dan ketenagakerjaan di Kota palangka Raya yang terdampak pandemi COVID-19. Tujuan dari program ini yakni menciptakan kemandirian usaha bagi para tenaga kerja terdampak Pandemi Covid-19 sehingga dapat kembali memiliki keberdayaan eskonomi mandiri terlebih lagi menciptakan lapangan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*