Breaking News

Pembukaan Kegiatan Pelatihan UMKM Tahun 2021 Disnaker Kota Palangka Raya

Palangka Raya – Rabu (23/6/2021) Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Mesliani Tara membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tahun 2021, di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya. Kegiatan Pelatihan UMKM ini diikuti oleh 20 orang pelaku UMKM yang semuanya berasal dari wilayah Kota Palangka Raya, selama 2 (dua) hari, dari tanggal 23-24 Juni 2021, dengan menghadirkan narasumber dari unsur pemerintah sebanyak 3 orang, unsur perbankan 1 orang, dan unsur pelaku usaha sendiri sebanyak 2 orang.   

Dalam sambutannya, Mesliani Tara mengatakan UMKM memiliki kontribusi atau peranan cukup besar dalam perekonomian nasional, yaitu: Perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja hingga 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, Pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), serta Penyediaan jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

“Pelatihan Kewirausahaan ini, akan memberikan ruang kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya, membuka peluang kemitraan, megembangkan jejaring usaha, meningkatkan produktivitas, saling promosi produk, dan meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri dalam menjalankan usahanya,” ujar Mesliani Tara.

Lebih lanjut, Mesliani Tara berpesan mengharapkan agar seluruh peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta keterampilannya sehingga mampu menjadi pelaku usaha yang tangguh, mandiri, produktif dan inovatif serta punya daya saing di era pasar bebas yang sangat kompetitif saat ini.

Acara pembukaan kegiatan Pelatihan UMKM Tahun 2021 ini, ditutup dengan kegiatan penyematan kartu Tanda Pengenal Peserta kepada 2 orang perwakilan peserta oleh Mesliani Tara dan Kurnia, mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, diakhiri dengan foto bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*